Minggu, 15 Januari 2012

GINTAMA

Gin Tama (银 魂 Gintama?, "Jiwa Perak".), juga dikenal sebagai Gintama, adalah manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hideaki Sorachi, diserialkan mulai dari tanggal 8 Desember 2003 di Weekly Shonen Jump, Shueisha. Mengambil setting di Edo yang telah ditaklukkan oleh alien bernama Amanto, manga ini menceritakan kehidupan dari sudut pandang samurai Gintoki Sakata, yang bekerja sebagai seorang freelancer bersama teman-temannya, Shinpachi Shimura dan Kagura untuk membayar uang sewa bulanan.

Manga Gintama telah dilisensi oleh Viz Media di Amerika Utara. Selain penerbitan volume, bab pertama Gin Tama juga ikut diserialkan dalam majalah manga Shonen Jump versi Amerika. Ini diikuti oleh serial anime yang memulai debutnya pada tanggal 4 April 2006 di TV Tokyo dan selesai pada tanggal 25 Maret 2010. Sebuah sekuel berjudul Gintama' ditayangkan di Jepang pada tanggal 4 April 2011. Sebuah film animasi diputar perdana di Jepang pada bulan April 2010. The Crunchyroll menayangkan streamingnya via internet, sementara Sentai Filmworks memiliki lisensinya, dengan distribusi dari Section23 Film pada DVD. Selain serial anime, ada juga novel dan video game berdasarkan Gin Tama.

Di Jepang, manga Gin Tama telah populer, terjual lebih dari 29 juta buku per Desember 2009. Anime dan DVD nya selalu menghuni Top Ten chart. TV Tokyo telah mengumumkan bahwa anime pertama Gin Tama mencapai penjualan tertinggi di luar negeri bersama dengan anime Naruto.

Kisah Gin Tama terjadi di Edo (sekarang dikenal sebagai Tokyo karena perubahan nama pada tahun 1868), Jepang, yang ditaklukkan oleh alien yang disebut "Amanto" (天人?, "Orang Langit") di zaman Edo akhir. Para Samurai Jepang berjuang melawan alien, tetapi kalah. Amanto kemudian melarang orang-orang membawa pedang di depan umum. Plot difokuskan pada samurai eksentrik, Gintoki Sakata yang membantu seorang remaja bernama Shinpachi Shimura menyelamatkan adiknya Tae dari sekelompok orang asing yang ingin mengotak-atik tubuhnya. Terkesan dengan Gintoki, Shinpachi menjadi muridnya dan bekerja dengannya sebagai freelancer untuk membayar sewa bulanan Gintoki, serta untuk tahu lebih banyak tentang Gin. Keduanya menyelamatkan seorang gadis remaja alien Kagura alien dari kelompok Yakuza yang ingin menggunakan kekuatan super-nya untuk membunuh orang. Kagura bergabung Shinpachi dan Gintoki untuk bekerja sebagai freelancer dan ketiganya menjadi dikenal sebagai "Yorozuya" (万 屋,? "Jack of All Trades"). Saat melakukan pekerjaan mereka sering menghadapi kepolisian Shinsengumi, yang biasanya bersekutu dengan Odd Jobs Gin dalam pekerjaan mereka karena mereka umumnya melibatkan penjahat berbahaya. Mereka juga bertemu dengan mantan rekan-rekan Gintoki selama invasi Amanto, termasuk Katsura Kotaro, teroris yang punya hubungan persahabatan dengan mereka meskipun ambisinya untuk menghancurkan bakufu. Di sisi lain, Shinsuke Takasugi bertindak sebagai antagonis utama sepanjang seri, saat ia ingin menghancurkan bakufu dalam cara yang lebih keras daripada Katsura.

Sebuah manga komedi karya Hideaki Sorachi yg saat ini telah mencapai 17 volume dan telah terjual lebih dari 17 JUTA KOPI!!

Saat ini animenya yg mulai tayang tahun 2006 dan masih berlanjut sampai sekarang (telah melewati 60 episode) dan masih sangat populer (mendapat peringkat ke-3 anime populer tahun ini)

Gintama mengambil setting di zaman Edo, tetapi bukan zaman Edo biasa! Di zaman ini dunia didtangai alien yg disebut Amanto. Berkat Amanto, ini Jepang menjadi sangat maju meskipun masih banyak kesan tradisioanlnya. Cerita ini mengambil kisah 3 orang (+1 hewan peliharaan) yg bekerja sebagai Yorozuya (melakukan apa saja) yg terdiri dari Sakata Gintoki (bekas samurai yg bertarung melawan amanto, sangat suka hal-hal manis seperti parfait, hobi mambaca Shounen Jump, VA:Tomokazu Sugita), Shimura Shinpachi (bagian tsukkomi cerita ini, kapten dari fans club otsuu, VA:Sakaguchi Daisuke), dan Kagura (seorang ras Yato yg dikenal sebagai salah satu ras terkuat di galaksi, hobi makan sukonbu, dan satu-satunya orang yg tidak bisa digigit Sadaharu, san anjing, karena kekuatannya, VA: Kugimiya Rie). Ditambah Sadaharu (anjing misterius yg ukurannya sangat besar dan hobi menggigit kepala orang sampai keluar banyak darah XD

Gintama banyak sekali mengambil plesetan cerita-cerita terkenal baik itu anime, manga, dorama, dll. dan ini merupakan kisah favorit aku . Gintama juga banyak memplesetkan tokoh-tokoh terkenal Jepang pada zaman itu seperti Shinsengumi (yg kini juga dilengkapi bazooka sebagai senjata )


GIN TAMA DI INDONESIA

Satu lagi persembahan anime terbaru dari Indosiar: Gintama. Anime yang diangkat dari Cergam karya Hideaki Sorachi ini mulai mengudara di Indosiar mulai tanggal 6 November 2011 dan jika tidak ada halangan maka akan terus ditayangkan setiap hari Minggu jam 11.00 pagi WIB.

Kabar tentang akan ditayangkannya Anime ini di Indosiar sesungguhnya sudah beredar sejak awal tahun 2011. Saat itu tercatat Gintama sudah menjalani proses sulih suara hingga 6 episode oleh PT Reka Citra Swhara (RCS) dengan menggandeng nama-nama besar seperti Turie Sandos, Diah Sekartadji, Rahmad Ilmanto, Kamal Nasuti, Nia Kurnia Tulus, Harry Suseno, Muki Hendarto, Risbandi, Ferry Irawan Fiesh, dan Alex Rojali yang juga bertindak selaku pengarah dialog.

Anime dengan cerita yang agak antah-berantah dan "nyeleneh" ini bersetingkan di Kota Edo yang tengah diserbu oleh sepasukan Alien yang disebut Amanto. Tersebutlah Samurai bernama Gintoki Sakata yang bekerja serabutan bersama kawan-kawannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar