Minggu, 22 Januari 2012

TIME BOKAN

Serial Time Bokan (タイムボカンシリーズ Taimu Bokan Shirīzu?) (Time Bokan Series) adalah judul kolektif untuk semua serial anime produksi Tatsunoko Production yang memunculkan berbagai jenis komedi, mecha dan fiksi ilmiah. Pertama kali mengudara di stasiun televisi Jepang pada tahun 1975, serial Time Bokan merupakan salah satu anime yang paling dikenal selain Serial Gatchaman, Neo-Human Casshern, dan Tekkaman.

Anime=
1975: Time Bokan
1977: Time Bokan Series: Yatterman
1979: Time Bokan Series: Zenderman
1980: Time Bokan Series: Time Patrol-Tai Otasukeman
1981: Time Bokan Series: Yattodetaman
1982: Time Bokan Series: Gyakuten Ippatsuman
1983: Time Bokan Series: Itadakiman
2000: Time Bokan 2000: Kaitou Kiramekiman
2008: Yatterman (serial kedua)

OVA=
1993: Time Bokan: Royal Revival

Film=
2009: Yatterman

Permainan video=
a. Bokan Go Go Go
b. Time Bokan Oudoufukko


1. TIME BOKAN

Time Bokan (タイムボカン Taimu Bokan?) (bahasa Italia: La macchina del tempo) adalah serial anime pertama di Time Bokan yang dibuat oleh Tatsunoko Production. Serial yang terdiri dari 61 episode ini merupakan hasil produksi bersama Fuji TV, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 4 Oktober 1975 sampai dengan tanggal 25 Desember 1976.

Seorang ilmuwan bernama Doktor Kieda yang ingin membuat mesin waktu di bentuk serangga berjudul "Time Bokan". Untuk membuktikan efisiensi dan keselamatan, dia memutuskan untuk melayani sebagai hamster pertama untuk pelayaran perdananya. Namun, pada saat mesin kembali, dia tidak berada di dalam. Satu-satunya hal yang kembali dengan itu adalah bicara kakaktua, bersama dengan batu permata besar yang disebut Dynamond (ダイナモンド?).
Sekarang terserah kepada partai pencarian, yang didirikan oleh asisten laboratorium di Doktor Kieda bernama Tanpei, untuk perjalanan meskipun waktu untuk menemukan Doktor Kieda; tetapi tampaknya seseorang haus kekuasaan adalah mencari "Dynamond".

2. YATTERMAN

Yatterman (ヤッターマン Yattāman?) atau Yattaman adalah serial anime ke-2 di Time Bokan yang dibuat oleh Tatsunoko Production dan Tatsuo Yoshida (1932-1977). Serial yang terdiri dari 108 episode ini merupakan hasil produksi bersama Fuji TV, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 1 Januari 1977 sampai dengan tanggal 27 Januari 1979. Di Indonesia, anime ini diketahui ditayangkan di stasiun TV anak Space Toon.
Serial remake di Yatterman disiarkan di Yomiuri TV pada tahun 2008.

Sebuah batu misterius yang dikenal sebagai Batu Tengkorak (ドクロストーン Dokurosutōn?) tersebar di seluruh planet, batu ini memegang kekuasaan untuk mengungkapkan lokasi di deposit emas terbesar di dunia. Sebuah trio penjahat, "Doronbo" (ドロンボー Doronbō?), yang tampak curiga akrab bagi penjahat di serial sebelumnya Time Bokan adalah dalam mengejar ketenaran, daya dan kekayaan ketika mereka mencari Batu Tengkorak (Dokurostone). "Yatterman", sebuah duo pahlawan terdiri dari Gan Takada dan Ai-chan yang curiga terlihat seperti pahlawan dari serial sebelumnya Time Bokan, mencoba dan menghalangi Doronbo setiap kesempatan yang mereka dapatkan.
Tidak seperti seri sebelumnya, Yatterman tidak mencakup perjalanan waktu/ruang tertentu. Sebaliknya, karakter perjalanan ke setiap tempat-tempat dengan bantuan robot Yatter-Wan, dan individu yang mereka jumpai baik secara hormat atau parodi . Karakter atau tempat-tempat fiksi yang biasanya diwakili oleh nama-nama yang salah eja sengaja atau aksi akrab. Sebagai contoh, seorang pemimpin revolusi bernama "Yashington" sebagai penghormatan kepada George Washington; dan tempat yang menyerupai Jepang kuno bernama "Yametai", sebagai parodi dari Yamatai.

3. ZENDERMAN

Zenderman (ゼンダマン Zendaman?) adalah serial anime ketiga di Time Bokan yang dibuat oleh Tatsunoko Production. Serial yang terdiri dari 52 episode ini merupakan hasil produksi bersama Fuji TV, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 3 Februari 1979 sampai dengan tanggal 26 Januari 1980.

4. OTASUKEMAN

Otasukeman (タイムパトロール隊オタスケマン Time Patrol Tai Otasukeman?) (bahasa Italia: I predatori del tempo) atau Rescueman adalah serial anime ke-4 di Time Bokan yang dibuat oleh Tatsunoko Production. Serial yang terdiri dari 53 episode ini merupakan hasil produksi bersama Fuji TV, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 1 Februari 1980 sampai dengan tanggal 31 Januari 1981.

5. YATTODETAMAN

Yattodetaman (ヤットデタマン Yattodetaman?) (bahasa Italia: Calendar Men) atau Firebird adalah serial anime ke-5 di Time Bokan yang dibuat oleh Tatsunoko Production. Serial yang terdiri dari 52 episode ini merupakan hasil produksi bersama Fuji TV, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 7 Februari 1981 sampai dengan tanggal 6 Februari 1982.

6. GYAKUTEN IPPATSUMAN

Gyakuten Ippatsuman (逆転イッパツマン Gyakuten Ippatsuman?) atau Ippatsuman adalah serial anime ke-6 di Time Bokan yang dibuat oleh Tatsunoko Production. Serial yang terdiri dari 58 episode ini merupakan hasil produksi bersama Fuji TV, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 13 Februari 1982 sampai dengan tanggal 26 Maret 1983. Serial ini yang sebagian besar berlokasi di kota Osteandel (Letak di Time Lease) pada periode 1990-an.

7. ITADAKIMAN

Itadakiman (イタダキマン Itadakiman?) adalah serial anime ke-7 di Time Bokan yang dibuat oleh Tatsunoko Production. Serial yang terdiri dari 20 episode ini merupakan hasil produksi bersama Fuji TV, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 9 April 1983 sampai dengan tanggal 24 September tahun sama. Serial ini yang sebagian besar berlokasi di Sekolah Oshaka di Kamakuland pada periode 20XX.

8. TIME BOKAN 2000: KAITOU KIRAMEKIMAN

Time Bokan 2000: Kaitou Kiramekiman (タイムボカン2000 怪盗きらめきマン Taimu Bokan Ni-sen: Kaitō Kiramekiman?) atau Kiramekiman adalah serial anime ke-8 di Time Bokan yang dibuat oleh Tatsunoko Production. Serial yang terdiri dari 26 episode ini merupakan hasil produksi bersama TV Tokyo, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 5 April 2000 sampai dengan tanggal 27 September tahun sama.

9. YATTERMAN (FILM)

Yatterman (ヤッターマン Yattāman?) merupakan sebuah film Jepang yang dirilis pada tahun 2009. Film yang disutradarai oleh Takashi Miike ini pemainnya antara lain ialah Sho Sakurai, Saki Fukuda, Kyoko Fukada, Kendo Kobayashi, Katsuhisa Namase, dan Anri Okamoto. Tanggal rilisnya pada 7 Maret 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar